Reformasi Birokrasi Setjen DPR Perkuat Peran DPR
Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar mengingatkan kepada seluruh Tim Pengelola Reformasi Birokrasi Setjen DPR RI untuk memastikan pelaksanaan reformasi birokrasi di Setjen DPR RI memperkuat peran DPR dalam menjalankan fungsinya.
“Saya mengingatkan pelaksanaan reformasi birokrasi Setjen DPR RI harus memastikan reformasi birokrasi dapat memperkuat peran DPR RI dalam menjalankan fungsi legislasi, pengawasan, anggaran, dan diplomasi,” kata Indra saat memimpin Rapat Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Setjen DPR RI, di Ruang Rapat Setjen DPR RI, Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (15/01/2025).
Sistem kerja yang transparan, terintegrasi, dan responsif, lanjut Indra, sangat diperlukan untuk mendukung kebutuhan anggota dewan dan masyarakat yang diwakilinya.
Pada rapat perdana pelaksanaan reformasi birokrasi, Indra meminta tahun 2025 harus menjadi tahun transformasi bagi Setjen DPR untuk menjadi lebih profesional, adaptif, dan inovatif.
“Mari kita tingkatkan kualitas pelayanan kepada para pemangku kepentingan, baik itu anggota dewan, mitra kerja, maupun masyarakat umum yang membutuhkan informasi terkait fungsi dan tugas DPR RI,” tegasnya.
Indra juga mengajak seluruh peserta rapat untuk bergerak lebih cepat dan mengadopsi teknologi untuk mendukung tugas Setjen DPR RI.
“Di tahun baru ini, kita harus bergerak lebih cepat untuk mengadopsi teknologi dalam mendukung tugas-tugas Setjen DPR RI. Digitalisasi bukan lagi pilihan, tetapi kebutuhan mutlak untuk menciptakan efisiensi, mempercepat pengambilan keputusan, dan meningkatkan akuntabilitas,” paparnya.
Menurut Indra, reformasi birokrasi yang sedang dijalankan tidak hanya soal kebijakan, tetapi juga perubahan pola pikir dan budaya kerja. Oleh karena itu, kolaborasi lintas unit sangat penting.
“Saya ingin menekankan pentingnya kolaborasi lintas unit di lingkungan Setjen DPR RI. Mari kita ciptakan lingkungan kerja yang saling mendukung, terbuka terhadap ide-ide baru, dan berorientasi pada solusi,” imbuh Indra.
Dalam kesempatan tersebut, Indra juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak di lingkungan Sekretariat Jenderal DPR RI atas kerja keras, dedikasi, dan komitmen luar biasa yang telah membawa kita meraih berbagai penghargaan sepanjang tahun 2024.
“Namun, saya ingin mengingatkan kita semua bahwa penghargaan ini bukanlah tujuan akhir. Penghargaan adalah bentuk apresiasi, tetapi yang lebih penting adalah dampak nyata yang dirasakan oleh stakeholder dari upaya kita ini. Kita harus menjadikan penghargaan-penghargaan tersebut sebagai motivasi untuk bekerja lebih keras, lebih cerdas, dan lebih ikhlas di tahun 2025”, pungkasnya
Agenda rapat pelaksanaan reformasi birokrasi Setjen DPR RI ini, menetapkan Ketua, Wakil Ketua, dan Penanggungjawab Indikator Kegiatan Utama. Ketua Tim Pengelola RB Tahun 2025 yaitu Kepala Biro Keuangan/Plt. Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Rahmad Budiaji, S.IP., M.Si. dan sebagai Wakil Ketua yaitu Kepala Pusat Analisis Keparlemenan Bapak Achmad Sani Alhusain, S.E., M.A. (sc)